Google Sitelink dan Cara Mendapatkannya

Kemarin baru saja Google update pagerank besar-besaran dan beberapa blog mendapatkan penghargaan dari Google berupa Sitelink, sayangnya ga 1 pun blog saya yang dapet wkwkwk.. Sebenarnya apa yang di maksud sitelink sih dan gimana juga cara mendapatkannya? Kalau melihat pengertian Sitelink di Webmaster Tool sih seperti ini

Google Webmaster: The links shown below some sites in our search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they’re looking for. We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user. If the structure of your site doesn’t allow our algorithms to find good sitelinks, or we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them.


Ngerti ga maksudnya?? ya wis kita Indonesiakan yah

Google Sitelink adalah link tambahan yang ditampilkan di bagian bawah situs hasil pencarian (SERP) dimana berguna untuk membantu menavigasi situs anda. Semacam value add agar pengunjung lebih leluasa mendapatkan banyak pilihan informasi dalam satu situs dengan cepat.

Sistem dari google akan menganalisis struktur link situs anda untuk menemukan jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna/pencari informasi dan memungkinkan mereka untuk dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari.


Bila ingin tau apakah blog anda mempunyai sitelink atau tidak coba ketikan kata kunci utama blog anda (nama blog) di google, kalau muncul link tambahan di bawahnya itu berarti blog anda sudah dapat sitelink, tidak sekedar terindeks melainkan terdaftar lewat algoritma pada Directory yang dimiliki Google. Kesimpulannya bahwa blog yang sudah punya sitelink adalah blog berkualitas, terkenal/seleb dan tentu saja bertrafik tinggi (yg ini relatif)

Biasanya Google mengambil sitelink dari menu tab atau postingan yang dianggap penting. Maksudnya dianggap penting itu apa gan?? Maksudnya menu/postingan yang paling bermanfaat bagi pengunjung sehingga sering di klik, di baca kemudian di bookmark.

Cara Mendapatkan Google Sitelink

Memang tidak ada info pasti tentang cara mendapatkan google sitelink ini karena terkadang ada beberapa blog yang sudah dapat sitelink namun tiba-tiba Google menghapus sitelink tersebut, entah blog tersebut sudah tidak layak atau mungkin saja si empunya blog sengaja menghapus sitelinknya di Webmaster tool. Dari pengamatan saya di beberapa blog bahwa untuk mendapatkan sitelink adalah

1. Buat Navigasi atau menu-penting di blog anda bagusnya di bagian atas.

2. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google

3. Konsistensi Konten blog. Yang saya lihat dari blog-blog yang mendapat Google Sitelink adalah konten blog mereka lebih fokus pada 1-2 bahasan saja contohnya Tutorial Blogger, Blogger Templates dan lain-lain.

4. Perbanyak backlink ke blog. Kalau yang ini caranya sudah pada tau kan?

5. Artikel yang di tulis adalah original (bukan copy-paste)

6. Seperti yang saya bilang di atas bahwa menu/link dalam blog banyak di klik pengunjung (pikirkan bagaimana caranya)

7. Umur situs atau blog. Katanya sih untuk mendapatkan sitelink usia blog harus lah mencapai 2 tahun, tapi yang ini saya agak ragu karena kemarin ada teman blogger yang sudah dapat sitelink dengan umur blog baru lima bulan.

Enam poin di atas hanya analisa tidak pasti dari saya yang masih goblog Belajar SEO, mungkin anda bisa menyimpulkan dan menambahkan? Share saja lewat komen yah..

0 Response to "Google Sitelink dan Cara Mendapatkannya"

Post a Comment